Lagi, Kapolres Tana Toraja Kunjungi 2 Tokoh Adat Masyarakat Toraja

BhayangkaraSulsel.com

Tana Toraja — Setelah mengunjugi tokoh adat masyarakat marinding Kec. Mengkendek di minggu lalu, Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono Iryanto kembali lanjutkan kunjungannya ke tokoh masyarakat yang ada di wilayah Makale Utara, di kamis pagi ( 16/01/2020 ).

loading...

Sekitar Pukul 10.00 wita, Liliek Tribhawono Iryanto tiba di Tongkonan Adat Sandalalo , disambut oleh Drs. Yohanes Pala’langan selaku Tokoh Adat di Tongkonan Sandalalo Kel. Lemo. Kec. Sarira, Kab. Tana Toraja.

Pada kunjungannya kali ini, Kapolres di dampingi oleh Kapolsek Makale AKP Yacob Parinding dan Kasat Binmas AKP M. Yusuf.

Seusai mempererat tali silaturahmi di Tongkonan Sandalalo Kel. Lemo, Liliek Tribhwono bersama 2 pejabat utamanya melanjutkan kunjungan ke Kel. Tambunan Kec. Makale dengan tujuan bertemu dengan tokoh adat Bpk. Tato’ Dena’ ( Ne’ Sando), yang merupakan Ketua Aluk Todolo.

Ps. Paur Humas Polres Tana Toraja Aiptu Erwin yang dikonfirmasi menyebutkan bahwa kunjungan silaturrahmi ke tokoh masyarakat merupakan agenda awal yang ingin di wujudkan oleh Kapolres Tana Toraja Akbp. Liliek Tribhawono Iryanto sejak menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Kab. Tana Toraja.

Di kutip pernyataan Liliek Tribhawono, ” Polisi merupakan bagian dari masyarakat, dan tokoh masyarakat juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Polisi, maka sudah seharusnya seorang anggota polri tidak berada jauh dari tokoh masyarakat, hari ini saya bersama dengan kasat Binmas dan Kapolsek Makale kunjugi dua tokoh masyarakat kita, kami di terima dengan baik oleh beliau beliau yang terhormat, dan kami senang sekali berada diantara beliau dan berkesempatan menyambung tali silaturrahmi dan merasakan keramahan tokoh masyarakat toraja “.

Kata Liliek Tribhawono lagi, tahun 2020 ini merupakan tahun politik, semakin hari berjalan semakin mendekati waktu Pilkada Serentak, situasi kamtibmas yang kondusif menjadi syarat mutlak bagi suksesnya pilkada, dan sebagai salah satu upaya mewujudkan pilkada 2020 yang aman dan damai di bumi lakipadada adalah dengan sejak sedari dini membangun hubungan silaturrahmi dan komunikasi yang baik dengan tokoh tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

” kedekatan secara emosional maupun kultural dengan masyarakat yang dinaungi adalah satu wujud dari sinergi antara kepolisian dengan Tokoh Masyarakat “. kata Liliek dengan mantap.

Sementara itu, Ketua Dprd Kab. Tana Toraja Welem Sambolagi’,SE yang di temui di gedung wakil rakyat menyebutkan bahwa langkah Kapolres Tana Toraja lakukan kunjungan silaturrahmi ke tokoh adat dan masyarakat adalah langkah seorang pemimpin yang sangat menghormati kearifan lokal dan budaya dari toraja.

” Bagi Kami warga toraja, di kunjungi adalah sebuah penghargaan, menerima tamu adalah sebuah kehormatan, Pak Liliek Tribhawono telah temukan “kunci” kearifan lokal toraja, salut dan hormat atas apa yang dilakukan oleh Pak Liliek, kami berharap dengan adanya hal seperti ini dapat membawa kemajuan bagi Tana Toraja kedepannya “. Ungkap Welem Sambolangi

Terakhir, Welem Sambolangi ucapkan terimakasih kepada Kapolres Tana Toraja, ” terimakasih kami untuk Kapolres Tana Toraja yang meluangkan waktunya bertemu dengan orang tua, tokoh tokoh toraja, lanjutkan pak, semoga itu akan menjadi contoh teladan yang berguna, bahwa dengan silaturrahmi dan komunikasi yang baik, kita menuju ke Toraja yang aman, damai dan sejuk bagi semua orang “.  (*)

 

Sumber : Humas Polres Tana Toraja

Laporan ; Erwin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *